Friday, April 06, 2012

Panduan Membuat Naskah Laporan

Panduan Membuat Naskah Laporan Kunjungan Industri

Siswa siswiku sekalian, yang lalu telah saya postingkan tentang informasi kunjungan indsutri, meskipun belum lengkap sepenuuhnya, berikut ini akan saya tayangkan info mengenai bagaimana cara membuat bentuk laporan yang baik, silahkan ikuti info berikut ini sebagai rambu-rambu prosedurenya saja, selebihnya silahkan di modifikasi sesuai ketentuan bakunya :

Bagian I

Judul dicetak dengan kertas putih dengan halaman i / Cover dicetak dengan kertas manila hijau muda ukuran folio tanpa halaman. Perhatikan contoh cover berikut :


Laporan Kunjungan Industri
Home Industri Bakpia Pathok 75 Jogjakarta
Tahun Pelajaran 2012
Program Keahlian Keuangan
Kompetensi Keahlian Akuntansi





Logo SMK Muhammadiyah Kutowinangun





Disusun Oleh :
Nama……
Kelas ……
NIS …….




Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kebumen
SMK Muhammadiyah Kutowinangun
Terakreditas “B”
Jl. Pemuda No. 14 Kutowinangun. Kebumen

Bagian II

Urutan Lembar Laporan sebagai berikut:

  1. Lembar Judul ;
  2. Lembar Kata Pengantar;
  3. Lembar Pengesahan;
  4. LembarDaftar Isi;
  5. Lembar Motto.

Lembar Isi Naskah laporan terdiri-dari :


Bab I : Pendahuluan

  1. Sejarah/Latar Belakang berisi tentang sejarah berdirinya perusahaan
  2. Dasar dan tujuan Pendirian berisi tentang dasar hukum yang digunakan dibuktikan akte notaries yang ada (jika ada dilampirkan saja) seperti status perusahaan dan bentuk perusahaan.
  3. Visi perusahaan misalnya kesehatan/higienitas dan Misinya (sasaran yang akan dicapai perusahaan) misalnya kesejahteraan, menampung tenaga kerja atau lainnya yang mnyangkut akuntabilitas perusahaan. Jelaskan disini secara singkat saja sedangkan lainnya diuraikan di system manajemen dan kebijakan produk.

Bab II : Hasil Kunjungan Industri


  1. Sistem Manajemen, jelaskan teori manajemen perusahaan terlebih dulu selanjutnya menguraikan manajemen yang digunakan perusahaan dan dijelaskan misalnya siapa direkturnya (secara umum informasi tentang struktur personalia, sistim birokrasinya, kesejahteraan personalian, asuransi, insentif dll termasuk faktor keamanan baik keamanan keluar misalnya adanya satpam, kemanan kedalam misalnya keamanan/ketenagan ketenagaan/karyawan dalam bekerja contoh alat pengaman ruang atau alat higienitas lain yang digunakan ketika bekerja sudah berdasarkan Standar Operasioanl Bekerja atau belum).
  2. Kebijakan Produk berisi informasi sebagaimana point B dalam pendahuluan diatas hanya diuraikan setiap bagian misalnya peraturan kepegawaian, peraturan kesejahteraan, peraturan barang-barang yang di produksi dari bahan dasar hingga barang jadi. Modal dari mana? Misalnya dari pribadi, saham (misalnya keluarga), bentuk perusahaan PT, SV atau lainnya.
  3. Jenis Produk yang menguraikan macam-macam produk usaha tetapi diurakan terlebih dahulu tentang alasan mengeluarkan produk sehingga dapat diciptakan produk-produk yang ada.
  4. Analisis Kebutuhan misalnya hasil produk tercipta berdasarkan pesanan, pengalaman waktu seperti jika waktu banyak pesiar ke Jogja maka diproduksi lebih banyak, hal ini dibutuhkan kebijakan produk yang dikeluarkan dari pihak direktur. Pada analisis ini juga diuraikan pertimbangan mengeluarkan produk tersebut sehingga perusahaan memperoleh keuntungan lebih baik/banyak. Dari analisis ini juga ditemukan informasi yang menguraikan mengapa produksi perlu ditingkatkan.
  5. Rencana pemasaran menguraikan bagaimana cara memasarkan produk, kemana dipasarkan serta alas an-alasan yang menyangkut kendala pemasarannya.
  6. Pendistribusian Produk menguraikan cara mengirim produk, disini diuraikan terlebih dahulu tentang teori pengiriman barang, kemudian baru ditentukan perusahaan tersebut menggunakan system yang manakah berdasarkan teori tersebut.
  7. Teknik Promosi menguraikan bagaimana cara perusahaan melakukan promosi, uraikan terlebih dahulu secara teori cara-cara perusahaan melakukan promosi berdasarkan teori tersebut.
  8. Kebijakan Harga, menguraikan siapa penentu kebijakan produk dan harga dan berapa macam produk dengan harga berapa harga produknya. Berikan alas an mengapa ditentukan sebesar itu setiap produknya.
  9. Pesaing, diatas point H sudah menguraikan harga produk… silahkan uraaikan kemungkinan dengan prok tersebut adakah pesaing-pesaingnya? Siapa pesaing-pesaing tersebut? Seperti produk bakpia lain. Pesaing dimaksudkan adalah pesaing sesama produk bakpia ataupun lain produk seperti produk baju, produk kerajinan tangan atau produk lainnya diwilayah perusahaan berada. Uraikan tentang kemungkinan adanya kerjasama antar pesaing tersebut?
  10. Sistim siklus akuntansi, hal ini dapat diuraikan masalah akuntabilitas keuangan, cukup kamu uraikan sedikit teori akuntabilitas secara umum dan perusahaan tersebut menggunakan teori yang mana?

Bab III : Penutup


  1. Kesimpulan, menguraikan tentang kesimpulan hasil kunjungan sebagaimana diuraikan pada bab II point A hingga I
  2. Saran, menguraikan masalah saran secara umum untuk perusahaan, untuk sekolah dan untuk guru pembimbing

Lampiran-lampiran

  1. SK Pendirian/Notaris jika ada.
  2. Foto-foto kegiatan ( cukup 3 atau empat lembar foto saja yang menggambarkan produk atau jenis produk) dan berhubungan dengan perusahaan.


Bagian III

Ketentuan lain :

  1. Laporan dijilid dan dilapis plastik tranparan
  2. Warna Cover bebas/hijau muda, warna teks hitam secara keseluruhan kecuali hal yang perlu ditonjolkan.
  3. Ukuran kertas Folio/legal, setiap halaman diberi nomor halaman dengan spasi 2.
  4. Cara penberian nomor halaman :
    • Cover tidak diberi halaman.
    • Pra halaman seperti judul, motto, daftar isi gunakan huruf romawi kecil misalnya i, ii, iii.
    • Halaman 1, 2, 3 dst…. Pada Bab I pendahuluan hingga penutup.
    • Halaman Lampiran tanpa nomor halaman.
    • Spasi dua, margin atas, kiri, bawah dan kanan adalah 3-4-3-4,5
    • Jenis font standar times new roman ukuran font standar 12 kecuali hal-hal yang perlu ditonjolkan untuk menyesuaikan, boleh dipertebal pada tulisan/hal yang khusus.
  5. Tebal laporan minimal 10 lembar.
  6. Hal-hal yang belum diatur dalam ketentuan ini silahkan mengacu pada aturan umum pengetikan naskah yang di berikan secara teori pada pelajaran KKPI di SMK Muhammadiyak Kutowinangun.
  7. Naskah diketik masing-masing siswa.
  8. Kelompok berfungsi untuk berbagi materi hasil kunjungan industri
  9. Konsultasikan kepada pembimbing kelompok sebelum naskah diketik

Demikian panduan ini sebagai rambu-rambu saja semoga bermanfaat dan selamat menyusun naskah laporan kunjungan industri. Untuk menghindari kesalahan konsultasikan kepada para pembimbing kelompok.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.